Jenis Kerusakan Pada Komputer & Cara Mengatasinya

    Karena berhubung hari ini aku tidak masuk sekolah, aku akan memposting tugas-tugas yang diberikan oleh Pecinta YP kedalam Blog yang baru saja aku buat ini. Tugas yang diberikan adalah seputar Kerusakan yang sering terjadi pada komputer dan cara untuk mengatasinya.

   Tanpa basa-basi langsung adja. Saat kita akan menjalankan komputer, tiba-tiba saja komputer tersebut tidak bisa digunakan apa yang akan kita rasakan?. Pastilah kita akan merasa jengkel dan bingung. Yuph benar rasa bingung pastilah datang saat komputer kita bermasalah.
   Agar kita tak kebingungan saat komputer kita menghadapi suatu kerusakan ataupun permasalahan, kita harus mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada komputer kita  sehingga kita dapat langsung membenarkanya.


Berikut ini adalah beberapa kerusakan yang sering terjadi pada komputer kita dan cara untuk mengatasinya:

1. Komputer Tidak Mau Hidup
 Saat kita akan menghidupkan komputer, lalu komputer itu tidak mau hidup. Pasti kita merasa was-was. Belum lagi ketika saat ada tugas yang akan diselesaikan menggunakan komputer. Apa yang akan kita lakukan?. Pergi kewarnet, kerumah temen?. Itu sich fine-fine adja.... Tapi, kalau masalah tersebut terjadi saat malam hari gimana?
Nah oleh karena itu kita harus tau apa yang menyebabkan komputer kita tak mau menyala agar kita dapat memperbaikinya sebdiri dengan segera.

Ini adalah cara mengatasi saat komputer kita tak mau menyala:
a. Cek kabel dan jaringan listrik apakah sudah terpasang dengan baik
b.. Jika anda menggunakan UPS(Uniterruptable Power Supply) dan stabilizer AVR            (Automated Voltage Regulator), pastikan semua dalam posisi ON dan dapat berpungsi   dengan baik
c. Cek kabel power pada CPU
d. Pastikan kabel power ke soket pada Main Board terpasang dengan baik.Coba anda tekan-tekan konektor power yang terpasang ke soket power supply
e. Jika tidak mau hidup juga, pastikan semua kabel yang terhubung ke tombol power pada casing telah terpasang dengan benar pada konektor pinnya di Motherboard.
f. Pastikan power supply memang dalam keadaan hidup, dengan melakukan pengeresan pada CPU lain.
g. Jka ternyata power suply dalam keadaan baik(melalui pengetesan) dan semua kabel   sudah benar, berarti yang perlu di periksa adalah Motherboard dan Prosesor.Coba pasangkan prosesor anda pada CPU lain yang sejenis dengan CPU anda.Perhatikan,apakah CPU dapat dihidupkan? Jika CPU dapat dihidupkan, berarti kerusakan hanya pada Motherboard.Namun, jika memang tidak hidup,berarti prosesor mengalami kerusakan.
h. Biasanya hal seperti ini di akibatkan oleh kerusakan pada komponen pada Motherboard,yang bersangkutan dengan catu daya.Untuk permasalahan ini sebaiknya serahkan pada tehnisi yang handal di bidangnya.

Kerusakan Lainya ada Dipostingan berikutnya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar